Tuesday, November 26, 2013

Keanekaragaman Batik Sumatra

Indonesia memiliki beberapa pulau yang tersebar diwilayah indonesia, masing-masing mempunyai budaya dan ciri khas tersendiri.
salah satunya adalah batik, Batik merupakan kebudayaan Indonesia yang harus dilestarikan, salah satunya dengan memakai, membuat dan membudidayakan batik. berbagai macam daerah masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri. Di indonesia ada beberapa daerah yang tingkat pembuatan batik terbesar. Berikut Keanekaragaman motif daerah Sumatra

Batik Aceh
Motif batik cendrung dengan warna cerah, cenderung dengan warna kuning, hijau, merah. Biasaya motif ini melambang falsafah hidup masyarakat. bunga jeumpa-bunga kantil adalah salh satu motif yang terdapat di aceh, ragam motif sulu, garis, melingkar turut sebagai motif batik dari kekuatan islam di aceh.

Batik Bengkulu
Nama untuk Batik Bengkulu disebut juga Batik Kanganga (Rejang Lebong). Motif ini brnuansa Taligrafi Jambi-Cirebon, gabungan ini membentuk Batik Bengkulu. Biasanya batik ini digunakan untuk upacara adat pengantin dan untuk menutupi mayat, yang berbentuk taligrafi arab yang dapat dibaca. kain besurek yang digunakan untuk membuat batik Bengkulu, kain ini tidak sembarang untuk digunakan kadang juga digunakan pada calaon pengantin untuk ziarah ke makam leluhur yang berbentuk kerudung.

Batik Jambi
Biasanya kain untuk pewarnaannya alami dari getah kayu dan buah buahan, warna khas dari batik ini adalah merah, kuning, biru dan hitam, untuk motif sendiri diambil dari tumbuh-tumbuhan, hewan dan aktifitas warga jambi biasanya motif ini satu-satu tau yang disebut ceplokan, untuk motif yang terkenal adalah kapal sangat, durian pecah, tampok manggis, kuan berhias, merak ngeram. 

Batik Riau
Batik Riau dalah motif batik bunga sosou, cempaka, warna batiknya yang cerah dan terang seperti warna kuning, hijau, merah.

Batik Padang
Pola batik ini gabungan dari banyuman, jogya, indramayuan, solo kebanyakan motif ini berwarna kuning, merah, hitam,ungu.


Motif Batik Sumatra












1 comments:

Post a Comment